Selasa, 18 April 2017

CONTOH SATLAN

  1. Nomor Satlan              : 01
  2. Materi Layanan           : Gaul yang baik
  3. Jenis Layanan             : Informasi
  4. Fungsi Layanan          : Pemahaman
  5. Bidang Bimbingan       : Pribadi
  6. Tugas Perkembangan:  Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa.
  7. Rumusan Kompetensi :
1.    Memahami secara lebih luas dan mendalam kaidah – kaidah ajaran Agama yang dianutnya.
2.    Meyakini kaidah – kaidah ajaran agama yang dianutnya.
3.    Menjalankan kaidah – kaidah ajaran agama yang dianutnya.
  1. Strategi Penyajian       :
1.    Alternatif :
a.    Klasikal ( ceramah,diskusi, Tanya jawab).
b.    Kelompok ( permainan,diskusi).
c.    Individual( konseling, tugas).
d.    Diintegrasikan pada mata pelajaran.
2.     Materi : buku BK kelas VII hal 1- 6
  1. Sasaran Layanan        : Siswa/siswi kelas VII
  2. Waktu Pelaksanaan    : 1 x Tatap muka ( 1 x 40 menit)
  3. Tempat Pelaksanaan: Ruang Kelas, Ruang konseling, tempat terbuka
  4. Sumber Layanan        : Buku BK Kelas VII
  5. Penyelenggara Layanan:  Guru Pembimbing Kelas VII
  6. Pihak-pihak yang diikutsertakan:   Guru Agama, Guru PKn, Pembina Eskul Rohis
  7. Alat dan Perlengkapan: Papan tulis, spidol, dan buku sumber,audiovisual
  8. Evaluasi/penilaian : focus penilaian diarahkan pada  adanya pemahaman baru ( U), berkembangnya perasaan ke arah positif ( C), serta rencana kegiatan ( A)
1.    Proses
            - Layanan BK
            - Kegiatan pendukung BK
            - Mekanisme dan instrumentasi yang digunakan
            - Pengelolaan dan administrasi layanan
2.    Hasil
a.    Laiseg : adanya pemahaman baru, berkembangnya perasaan ke arah yang positif(setelah diberikan layanan) adanya pemahaman baru ( U), berkembangnya perasaan ke arah positif(C),serta rencana kegiatan ( A).
b.    Laijapen : adanya pemahaman baru,berkembangnya perasaan  positif, serta rencana kegiatan paling lama 1 bulan.
c.    Laijapang : adanya pemahaman baru, berkembangnya perasaan  positif, serta rencana kegiatan dalam jangka waktu 1- 3 bulan.
Q.  Tindak lanjut    :  memberikan layanan sesuai kebutuhan siswa
R.  Catatan Khusus : apabila ada hal – hal yang perlu perhatian khusus

Mengetahui:                                                                            Jakarta, 11 Juli 2011                                                         
Kepala ...........................                                            Guru Bimbingan dan Konseling




Drs. Bambang                                                             Tri Novitasari
NIP :

0 komentar:

Posting Komentar