Selasa, 18 April 2017

SKENARIO KETRAMPILAN DASAR DAN TEKNIK KONSELING



Konseli
:
Tok tok tok. Assalamu’alaikum buk.
Konselor
:
Walaikumsalam ( sambil bersalaman ), silahkan duduk Ti.
Konseli
:
Terimakasih buk.
Konselor
:
Siti, gimana kabarnya ? (Opening)
Konseli
:
Alhamdulillah bu, sehat.
Konselor
:
Emm, kuliahnya gimana kemaren semester satu, lancer ti? (sambil memposisikan badan duduk condong lebih kedepan kearah konseli). (Attending)
Konseli
:
Alhamdulillah semester satu lancar bu. ( sambil menghela nafas dengan panjang) . Sebenarnya buk saya itu mau cerita sama ibuk, tapi tu saya malu buk.
Konselor
:
Lho, kok Malu Ti ? Coba sini ceritakan permasalahannya apa, sampaikan sama ibuk, ibuk pasti akan bantu semampu ibuk. (Leading)
Konseli
:
Gini buk, sebenernya nilai saya tu turun buk semakin kesini, tapi sebelumnya itu baik baik saja buk, tapi ga tau buk akhir akhir ini tu nilai saya turun buk.
Konselor
:
Loh, turun kenapa ti?
Konseli
:
Saya males buk.
Konselor
:
Kok bisa samape males ti?
Konseli
:
Soalnya tugasnya tuh susah buk, akhirya bikin saya males buat ngerjainnya.
Konselor
:
Jadi alasannya itu ti? Nahhh gini nih ti, Sebelumnya ibu mau ngasih tau dulu mengenai konseling ini, biar kamu nyaman cerita sama ibuk. Gini ti ya, di dalam Layanan Konseling pribadi ini ada banyak azas, salah satunya itu asas kerahasiaan, jadi kamu ga perlu khawatir kalo masalah kamu bakalan melebar keman – mana , ibu bisa jamin yang tau hanya Siti dengan ibuk .(Sambil tersenyum kepada Siti).(Structuring, Service Limit).
Konseli
:
Baik buk, saya juga masih ragu awalnya buat cerita, tapi setelah ibuk bilang kayak tadi jadi saya percaya sama ibuk.
Konselor
:
Nah, bagus kalo kayak gitu, kembali ke cerita kamu tadi ya ti, siti tau ga kira – kira, atau siti punya bayangan, apa dampak dari orang pemalas ?
Konseli
:
Sebenernya,saya sadar dan tau betul buk tentang hal itu,  saya gak ingin buk jadi orang pemalas, saya itu sadar buk 100% buk, saya itu  ya buk, dari keluarga biasa , masih untung saya bisa kuliah buk, bisa sampai disini, disisi lain tuh saya pengen buk buat membahagiakan kedua orangtua, tapi disisi lain tugas saya tuh keteteran buk sama tugas - tugas itu buk .
Konselor
:
Hmmmmmmmmm lalu bagaimana siti ? (sambil memperhatikan dengan seksama cerita siti dan menjaga kontak mata dengan Siti). (Acceptence)
Konseli
:
Sebenernya buk, saya kan dari keluarga yang biasa ya buk, terus masih untung saya tu bisa sampai di sini buat kuliah, kan ayah saya itu bekerja sebagai nelayan, ibu saya itu cuma ibu rumah tangga, terus sampai disini tu keadaanya berbeda buk, saya itu merasa minder gitu buk, soalnya tuh temen – temen di kelas tuh  sepertinya highclass gitu lho buk, baju bajunya tuh bagus bagus, tasnya itu gonta ganti, terus, habis itu kendarannyapun tuh mobil buk, saya itu merasa minder , buat nyapa aja tuh, saya merasa minder gitu buk, takutnya tuh ga di respon, sperti itu buk. (dengan wajah penuh kegelisahan)
Konselor
:
Kayaknya kamu bener – bener gak nyaman ya ti sama semua keadaan itu ? (Reflection of feeling).
Konseli
:
Ia buk saya benar – benar tidak nyaman dengan keadaan seperti ini . Sebenernya tuh buk ya,awalnya tuh begini buk. Beberapa hari yang lalu tuh saya ketemu ana kan buk.
Konselor
:
Ana itu siapa ya ti?
Konseli
:
Ana itu teman sekelas saya buk, kemaren tuh saya nyapa dia nih buk, habis itu dia tidak menghiraukan saya buk, jadi saya berfikir kalau mereka itu berteman ya sama yang selevel mereka yang highclass itu buk, jadi saya mau menyapa lagi tuh, sepertinya, emmm gimana ya buk, sepertinya tuh, kayak males gitu buk, saya gak enak hati gitu lho buk jadinya gara gara itu.
Konselor
:
Hmmmmmm Jadi Siti merasa ga enak hati ?  (Restatement).
Konseli
:
Iya buk, saya langsung berfikir negative seperti itu bu, dengan keadaan kelas yang seperti tadi buk, tapi sebenernya tuh, waktu saya memanggil si Ana , kemarin tuh dia lagi ngobrol sama 3 temen, kelas saya juga itu buk, tapi saya lihat tuh dan saya berfikir kalau ana itu melihat saya buk, dan si Ana itu tidak menghiraukan saya, jadi saya langsung berfikir negative seperti itu.
Konselor
:
Kamu yakin ti, kalau Ana melihat kamu pas nyapa itu? (Clarification).
Konseli
:
Ia buk, saya pikir kalau si Ana itu melihat dengan jelas saya buk.
Konselor
:
Baik kalau begitu, kalau sama temen temen kelasnya gimana Ti?
Konseli
:
Sama temen – temen kelas tuh sama aja buk. saya yaa minder gitu lho buk, saya menarik diri sama mereka, terus saya merasa gimana ya buk, ditolak dikelas, merasa terisolir gitu buk dikelas, karena ya sayakan minder itu tadi buk. Saya itu sudah mencoba bersikap ramah terhadap mereka dengan menyapa mereka dulu, Tetapi tetap saja seakan –akan mereaka itu cuek dan seolah olah menjauhi saya, saya harus bagaimana lagi?
Konselor
:
Dari yang tadi kamu sampaikan, jadi kamu berfikir bahwa teman-teman sekelas juga ngejauhi kamu ti? ( Interpretation, Pengecekan Informasi).
Konseli
:
Ya kurang lebih gitu buk.
Konselor
:
Mmmm apa dari sifat dan sikap mindernya mba Siti bikin perasaan mba Siti lebih lega?
Konseli
:
Sebenernya jelas tidak buk. Saya itu gak lega kalau seperti ini terus buk.coba ibu bayangin posisi saya buk, saya merasa bener – bener depresi buk dengan semuanya.saya merasa pengen pulang saja bu ke indramayu, saya merasa pengen berhenti kuliah saja bu, saya capek saya lelah buk sama semua ini.(Sambil berkaca kaca).
Konselor
:
Siti tenang dulu ya ti, coba tarik nafas dulu sebentar.
Konseli
:
(sambil menarik nafas panjang dan menyeka air mata).
Konselor
:
(Konselor terdiam beberapa saat). (Silent).
Konseli
:
saya harus gimana buk ?
Konselor
:
Coba coba, Siti tenang dulu, rileks dan ini, minum dulu ini airnya. ( sambil memberikan air minum kemasan).
Konseli
:
Iya, Makasih ibuk. (sambil meminum)
Konsleor
:
Nah, sudah mendingan kan ti?
Konseli
:
Iya buk, saya sudah bisa lumayan tenang.
Konselor
:
Alhamdulillah, jadi kalau kejadiannya seperi itu, kira – kira yang bisa dilakuin Siti apa berarti ?
Konseli
:
Yang bisa saya lakukan sekarang, satu – satunya jalan mungkin saya bisa mengajak ngobrol sama anak – anak kelas gitu buk, tapi tuh saya takut seperti Ana tadi buk, tidak direspon dengan baik gitu lho buk. Apa saya tetap seperti ini aja ya buk, biar saya aman ??

Konselor
:
Nah ibuk coba Tanya ke kamu dulu, kalau misalnya di kamar kamu ada kotoran entah itu kertas, debu, plastic kotor, buku berserakan dll apakah kamu akan membereskannya atau kamu tetap membiarkan keadaannya seperti itu dan membuat kamu risih berada di kamar? (membangun Rejection).
Konseli
:
Pasti saya bersihkan bu, mana bisa saya tidur dengan keadaan seperti itu, kotor, berdebu, pasti akan banyak kecoa dikamar saya buk, tentu buk, saya bakalan menyapu bersih kamar saya biar saya nyaman di kamar.
Konselor
:
Nah, sama halnya dengan permasalahanmu dikelas itu ti. Kalau kamu hanya membiarkannya saja berlarut larut, kamu pasti akan tidak nyaman dikelas, ditambah lagi, apakah permasalahan akan selesa kalau kamu diamkan saja ti?  alangkah baiknya kalau kamu menyelesaikan masalah itu, salah satunyadengan mencoba untuk menyapa dan mengobrol dengan mereka ti. (Rejection).  
Konseli
:
Iya ya buk ya, baik buk, saya akan mencobanya buk, tapi apa saya berani buk buat ngajak ngobrol apa nyapa mereka dulu bu?
Konselor
:
Nah, sebelumnya Ngomong – ngomong cita cita Siti apa? 
Konseli
:
Cita – cita saya itu pengen jadi dosen buk,
Konselor
:
Kalau pengen jadi dosen , yang harus mba Siti perbuat itu apa?
Konseli
:
Kalau pengen jadi dosen ya, harus gak boleh males, harus berani, gak boleh minder, terus harus giat belajar, dan pastinya harus mendapatkan nilai yang bagus ya buk.
Konselor
:
Nah, kalau seperti itu, dengan sikap dan sifat mba Siti kayak gitu memungkinkan gak kalau mba Siti bisa jadi dosen  ?
Konseli
:
Sepertinya tidak buk, soalnya minder tadi ya bu?
Konselor
:
Nah, kembali lagi ibuk tanya, mba Siti seberapa besar pengennya jadi dosen itu ?
Konseli
:
Saya itu pengennnn banget jadi dosen buk, soalnya itu cita – cita saya dari kecil dan smapai sekarang tuh, pengen jadi dosen buk,
Konselor
:
Jadi sekali lagi,  apa yang harus mba Siti perbuat apa?
Konseli
:
Baik bu,  yang pertama saya coba untuk mengajak nggobrol sama teman – teman. Walaupun hasilnya nanti ga seperti yang diharapkan, mau direspon apa tidak yang penting usaha dulu buat mencoba ya buk, buat ngobrol sama mereka.
Konselor
:
Hmmm jadi gitu ya? Ibu yakin Mba Siti pasti bisa melakukannya dengan baik. (Reassurance).
Konseli
:
Iya buk, saya akan mencoba untuk ngobrol sama meraka.
Konselor
:
Nah, gitu, kalau pikirannya mba Siti udah mulai merespon berarti kan mba Siti mulai mau memperbaiki keadaan, selebih lagi kan kalau berjalan seperti itu terus kan gak baik, yang pertama kuliahnya terganggu, mba Siti mau nanya ke siapa aja bingung kalau semisalkan ada  tugas kuliah atau tugas individu , jadinya kan mba Siti juga merugikan diri sendirikan kalau seperti itu. Kemudian juga kalau semisal mba Siti terus minder, itu juga mempertaruhkan cita – cita mba Siti yang pengen jadi dosen, otomatis kegiatan belajarnya mba Siti juga terganggukan kalau seperti itu. Tapi kalau pikirannya mba Siti sudah mau menyapa, mau mengajak ngobrol itu kan berarti sudah bagus kedepannya, gitu mba Siti ya. ( Advice)
Konseli
:
Iya ya buk, kenapa ya saya berfikiran negative sama si ana , hanya karena dia tidak menghiraukan saya, mungkin si Ana tuh emang  tidak melihat saya atau memang  tidak mendengar saya pas menyapa dia gitu lho buk. Aduuuuuuuuuuuh, kenapa ya kok kok aku tuh berfikir negative seperti itu, ditambah lagi saya mempertaruhkan cita – cita saya ya buk, ya ampun bodohnya saya Cuma karena hal sepele.
Konselor
:
Nah, Bener itu mba Siti ?
Konseli
:
Ya buk, pokoknya saya akan mencoba untuk mengobrol sama temen – temen terus mulai berfikir positive sama temen – temen setelah itu ya buk, ya mungkin rasa minder saya, rasa malu saya itu akan sedikit berkurang buk, sayan sangat berharap tentang keadaan saya yang sekarang semoga bisa lebih berani, lebih percaya diri ya buk.
Konselor
:
Nahh, betul seperti itu ya mba Siti.
Konseli
:
Iya buk,
Konselor
:
Hmmm, oke. gimana lagi, perasaannya mba Siti gimana ?
Konseli
:
Huuuuuuuuuhhhhhhhhhhh, tenang buk, (sambil gelisah).
Konselor
:
Alhamdulillah kalau seperti itu, tapi dari gerak geriknya kamu sekarang,  sepertinya kamu merasa gak tenang ti? Kenapa ti ? (Konfrontation).
Konseli
:
Saya sedikit ada rasa deg deg kan buk, takut ekspetasi dan harapan saya tidak sesuai.
Konselor
:
Wajar Mba Siti kalau merasa seperti itu, yang terpenting mba siti rilekskan diri, dan coba besok ya?
Konseli
:
Iya bu saya pasti akan melakukannya yang terbaik demi saya dan massa depan saya.
Konselor
:
Baik mba Siti, setelah obrolan kita sejauh ini, apa yang bisa disimpulkan oleh mba Siti ? (Summary).
Konseli
:
Saya malas dan nilai saya turun karena saya kurang berkomunikasi dengan teman – teman saya. Awalnya saya mengejudge negative Ana, yang akhirnya membuat saya tidak mau bersosialisasi dengan teman – teman yang lain dan membuat saya keteteran dalam tugas kuliah saya, karena saya malu,minder, dan tidak mau sosialisasi dengan mereka semua untuk menanyakan apa yang tidak saya tahu, atau kesulitan saya dalam kuliah khususnya pada tugas, baik tugas kelompok maupun tugas individu. Dan yang harus saya lakukan adalah mulai untuk bersosialisasi dengan memberanikan diri demi cita – cita saya dan orang tua saya yangsudah susah payah menyekolahkan saya di Jogja ini. Seperti itu buk.
Konselor
:
Iya , gitu, tepat sekali.
Konseli
:
Alhamdulillah bu saya bisa tenang sekarang.
Konselor
:
Nah bagus mba Siti, ibu senang mendengarnya. Karena Siti sudah bisa menemukan penyelesaian masalahnya kita bisa menyambung di lain waktu ya Siti. Kalau semisal ada permasalahan lain atau ya yang mba Siti  rasakan ga enak, Siti bisa cerita ke ibuk, ibuk pasti juga bakalan nerima dengan terbuka, silahkan mau kapan saja boleh asal menghubungi ibuk dulu , takutnya kalau ada jam nya yang bentrok atau bagaima. ( Termination)
Konseli
:
Iya. Ibuk, terimakasih banyak ya ibu.
Konselor
:
Iya mba Siti sama sama
Konseli
:
Siti pamit dulu ya ibuk, assalamualaikum. (sambil salaman dan meninggalkan ruang Konseling.
Konsleor
:
Iya Siti , Waalaikumsalam.



0 komentar:

Posting Komentar